Follow Us On Facebook

Selasa, 27 September 2011

Cara membuat Sari Kacang Hijau



Resep Cara Membuat Sari Kacang Ijo

Kacang Hijau (Phaseolusvulgaris), termasuk kacang kacangan yang yang mudah diperoleh dan sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat di indonesia. Kacang hijau merupakan sumber protein, kalori & vitamin & mineral. Produk olahan kacang hijau umumnya dikonsumsi langsung setelah diolah, misalnya bubur kacang hijau, es kacang hijau, sebagai isian makanan misalnya isian onde onde, kue phia, dll. Selain itu produk olahan kacang hijau dalam bentuk kering misalnya untuk bahan baku biskuit, cereal makanan bayi & anak anak. Salah satu produk alternatif lainnya bisa diolah sebagai minuman siap saji yang umumnya disebut sebagai sari kacang hijau.


Sari kacang hijau merupakan cairan yang berasal dari extract kacang hijau. Sari kacang hijau merupakan sumber protein yang sangat baik, karena bahan bakunya dikenal sebagai sumber protein nabati yang bermutu baik. Rasanya yang enak dan khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan, membuka peluang bisnis yang menguntungkan, karena kita tidak kesulitan untuk memasarkannya.

Bisnis sari kacang hijau bisa dimulai secara kecil kecilan/industri rumah tangga, dengan peralatan dapur dengan investasi ringan, dan apabila berkembang bisa dikembangkan menjadi industri yang lebih besar, karena peralatan industrinya mudah didapat. Peralatan yang digunakan untuk industri sari kacang hijau adalah sama dengan yang digumnakan untuk industri susu kedelai, yaitu: Mesin sari kedelai langsung pisah ampas. Sedangkan untuk pengemasannya bisa menggunakan Cup Sealer

Proses Pembuatan: 

A. menyeleksi Kacang Hijau:
Pilih kacang hijau yang bijinya utuh & bagus. Kacang hijau yang bijinya pecah, keriput & berjamur jangan digunakan, karena mempengaruhi rasa. Kerikil, Cakang kacang hijau & kotoran yang lainnya juga harus dipisahkan.
B. Proses Perendaman: 
Kacang hijau (1kg) direndam dalam larutan dengan komposisi:Air 3 LiterSodium Bicarbonat 1 gramLama Perendaman +-4 jam.
C. Proses Perebusan
Kacang Hijau yang telah direndam, ditiriskan lalu dicuci dengan air sampai bersih (tidak licin). Lalu direbus sampai kacang hijau lunak. Perebusan ini bertujuan untuk menghilangkan bau langu & melunakkan kacang hijau, sehingga lebih mudah di hancurkan.
D. Proses Pembuatan Susu Kacang Hijau
Kacang hijau yang sudah direbus diproses menggunakan Mesin Kedelai langsung pisah ampas, dengan penambahan air hangat sebanyak 18 liter. Sehingga diperoleh cairan sari kacang hijau yang terpisah dari ampasnya.
E. Proses Pemasakan Sari Kacang Hijau
Cairan yang diperoleh, disaring, kemudian tambahkan 2kg gula pasir (atau sesuai selera), pandan wangi, irisan jahe & 1 sendok makan garam. Masak sampai mendidih. Setelah mendidih api dikecilkan selama 20 menit sambil diaduk perlahan supaya jangan sampai pecah emulsinya. Apabila mau rasa yang lebih sedap bisa ditambahkan santan kental. Untuk mendapatkan warna hijau yang bagus bisa ditambahkan pewarna hijau secukupnya.
F. Proses Pengemasan Sari Kacang Hijau dalam Cup.
Sari kacang hijau yang sudah dimasak, bisa dikemas dalam cup menggunakan cup sealer. Sebaiknya dikemas pada suhu +- 80C, setelah dipress dengan cup sealer, bisa di rendam dalam air pada suhu ruang untuk mengetahui apabila terjadi kebocoran pada Cup & untuk mendinginkan sari kacang hijau dalam kemasan. Untuk memperpanjang masa simpan, sari kacang hijau dalam kemasan bisa disimpan dalam lemari es.

Keterangan bahan yang diperlukan untuk pembuatan sari kacang hijau: 
  1. Kacang hijau: Pilihlah kacang hijau yang bermutu bagus. Bijinya keras dan warnanya hijau cerah. Buanglah kacang hijau yang keriput & berjamur, karena akan merusak rasa.
  2. Gula Pasir: Pilihlah gula pasir yang bewarna putih bersih & kering. Bisa juga menggunakan gula merah/ gula aren, untuk variasi rasa, tetapi apabila menggunakan gula merah atau gula aren, maka warna sari kacang hijau akan sedikit kecoklatan & tidak cerah.
  3. Daun pandan & Jahe : Untuk menambah citarasa sari kacang hijau.
  4. Sodium Bicarbonat: Fungsinya membuat kacang hijau tidak mudah masam/kecut pada saat direndam. Sodium bicarbonate yang dipakai harus yang food grade, umumnya buatan Korea/Japan.
  5. 5. Pewarna: Pewarna yang ditambahkan bisa memakai pewarna dari bahan alam, misalnya hijau daun suji. Bisa juga menggunakan pewarna bubuk yang Food Grade (khusus untuk makanan). Pewarna bubuk yang food grade yang ditambahkan: Apple Green ( warna hijau ). 
Komposisi kimia Kacang Hijau tanpa kulit

Komponen Jumlah per 100gram bahan
  • Air (g) 10,1
  • Protein(g) 24,5
  • Lemak (g) 1.2
  • Mineral (g) 3,5
  • Serat(g) 0.8
  • Karbohidrat (g) 59.9
  • Energi (Kkal) 348,0
  • Kalsium (mg) 75,0
  • Phospor (mg) 405,0
  • Karoten (mg) 49,0
  • Besi (mg) 8,5
  • Tiamin (mg) 0,72
  • Riboflavin (mg) 0,15
  • Niasin (mg) 2,40

3 komentar:

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

wah mantaaap mg bermanfaat.

tipjos mengatakan...

thengs infonya gan...

nur fajri mengatakan...

Kalo mau hijaunya sprti di foto di atas gmn ya caranya?
Thx

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | WordPress Themes Review